Masyarakat Cilacap khususnya dan Banyumasan umumnya merasa lega kini telah mempunyai wakil dalam kancah persepakbolaan nasional. Persatuan Sepak Bola Cilacap (PSCS) telah mendapatkan satu tempat di Liga Divisi Utama PSSI pada 2010 ini. Tiket ini diraih setelah PSCS berhasil mengalahkan Persikam Metro FC Malang dengan skor 2 – 0, yang berlangsung di Stadion Wijaya Kusuma Cilacap pada 22 Desember lalu. Atas kemenangan tersebut PSCS mengantongi nilai 7 dan menjuarai grup J, sedangkan Persikam runer up dengan poin 6. Persikam juga berhak mendampingi PSCS untuk berlaga di Divisi Utama.

Kesuksesan ini sekaligus menuntaskan penantian panjang masyarakat pecinta bola Cilacap mempunyai tim sepak bola yang bisa berlaga di pentas nasional. Sebab, beberapa dekade sebelumnya belum ada satu pun tim sepak bola yang mewakili hingga ke tingkat nasional, dari empat kabupaten yang ada di eks Karesidenan Banyumas.

Kini PSCS Cilacap telah melaju menjadi kesebelasan pertama dari ‘tlatah Banyumasan’ dan Jawa Tengah bagian barat yang menoreh prestasi itu.Dibawah pelatih Agus Riyanto ini, sejak masuk ke Divisi I setahun yang lalu di Samarinda terus mampu membenani skil Laskar Nusakambangan mengolah bola untuk memproduksi gol. Seperti pertandingan saat itu, Heryanto berhasil menjebol gawang lawan dengan gol cantik pada menit ke 15 babak pertama.Gol ini langsung disambut ribuan suporter pendukungnya dari buah gocekannya memanfaatkan kemelut di depan gawang Persekam. Enam menit berselang, Heryanto kembali menciptakan hetrick melalui umpan dari sektor tengah lapangan. Sehingga suasana stadion Wijaya Kusuma kembali riuh oleh kegembiraan suporter fanatiknya. Skor 2-0 untuk PSCS bertahan hingga sikulit bundar ditangkap wasit seusai meniup peluit panjangnya.

Dengan keberhasilan tersebut, tentu perlu menjadi perhatian serius agar prestasi yang telah diperoleh itu kedepannya mampu terus dipertahankan. Sekaligus juga menejadi pekerjaan rumah besar bagi Pemerintah dan masyarakat Cilacap. Lolosnya PSCS ke Divisi Utama ini, otomatis tim dan manajemen PSCS seyogianya tak henti membenahi agar tetap bisa bersaing dengan tim-tim lain di Divisi Utama. Selain itu sarana dan prasarana, terutama stadion pun mendesak untuk dibenahi.

Sebab, melihat stadion saat ini, menurut penulis, kondisi lapangan sudah lumayan bagus, namun tribun yang hanya tersedia di satu sisi lapangan jelas sangat tidak memenuhi syarat untuk pergelaran pertandingan Divisi Utama. Kami berharap semoga kedepannya, dengan lolosnya PSCS ke Divisi Utama, pemerintah Kabupaten Cilacap segera merenovasi total Stadion Wijaya Kusuma Cilacap.awe/banyumas.com

0 komentar